Cara Mengatasi Rambut Kusam Dan Kering

Cara Mengatasi Rambut Kusam Dan Kering - Siapa yang tidak ingin memiliki rambut indah dan bercahaya. Selain indah, Rambut juga dapat menjadi mahkota bagi pemiliknya. Namun tidak sedikit juga yang memiliki rambut yang kusam. Selain tidak indah dipandang, rambut kusam pun cenderung rapuh dan mudah rontok. Bagaimana mengatasinya? Simak ulasan berikut.



Jika rambut terasa sangat kering dan kusam, mungkin Anda perlu melembabkannya dengan perawatan deep conditioning seminggu sekali. Hal ini dapat dilakukan di rumah ataupun di salon terdekat. Gunakan produk yang mengandung protein, minyak zaitun, dan bahan-bahan pelembab lainnya.

Selain deep conditioning, Anda pun perlu melengkapi perawatan dengan shampo berpelembab. Hal ini berguna untuk perawatan sehari-hari. gunakan shampu yang memiliki kandungan pelembab yang tinggi untuk meremajakan dan melembabkan rambut.

Hindari menggunakan produk dengan kadar alkohol dan bahan detergen tinggi. Hal tersebut dapat terlihat dari busa yang melimpah. Shampo yang mengandung deterjen tinggi akan memperparah kekeringan dan hanya akan merusak rambut. Sementara shampo berpelembab akan membantu menahan uap air dalam batang rambut.

Keringkan rambut dengan cara yang alami. Jika Anda seringkali mengeringkan rambut dengan alat penata rambut seperti blow dry, catok dan lain-lain kurangilah kebiasaan tersebut. Hal tersebut akan membuat rambut lebih kering dan mudah patah.

Lakukan pengeringan rambut secara alami. Jika terburu-buru, anda dapat gunakan handuk kering untuk menyeram air dan keringkan dengan menggunakan kipas angin. Perlu diingat, untuk tidak menggosok rambut basah dengan handuk, karena hal tersebut akan merusak tekstur rambut.

Mungkin Anda sedikit acuh dengan sisir, terutama kaum pria. Namun tahukah Anda bahwa menyisir rambut secara menyeluruh dua kali sehari akan membantu mendistribusikan minyak alami dari kulit kepala ke batang rambut.
  • Gunakan sisir yang lembut dan tidak menarik rambut. 
  • Minyak alami dari rambut akan membuat rambut Anda terlihat lebih bersinar dan membantu menghilangkan kotoran dan partikel perusak rambut. Namun, disarankan agar tidak menyisir rambut saat kondisi basah. Hal ini akan menyebabkan rambut patah dan rontok.

Referensi  : sehatplus.com

11 komentar :

Reader's CommentsSilahkan berikan komentar anda dibawah kolom
Maaf bagi Spammer tidak akan di approve komentarnya

  1. begitu banyak iklan yang menawarkan perawatan rambut..tapi tanpa kedisiplinan semua itu akan sia-sia belaka :)

    BalasHapus
  2. Sip... ternyata menyisir rambut selain gunanya untuk merapikan ternyata menyehatkan kulit kepala jg ya mbak :)

    BalasHapus
  3. sanagat bagus, postingan yang sangat bermanfaat, penuh motivasi dan wawasan ilmu pengetahuan, saya suka dan sudah mengikuti#99#,
    saya senang jika anda menerima dan follow kembali
    terima kasih, jangan lupa....ditunggu

    BalasHapus
  4. rambutku tipis...kusam.....
    cocok nya gi gimanain ya

    BalasHapus
  5. @BlogS of Hariyanto : benar bgt bg hariyanto.. :13

    @kangFarhan : ya kang :13

    @penyuluh perikanan : trims utk followed nya bg :88

    @pengobatan kanker payudara : mang cwo slh ya kesalon :33

    @obat kelenjar getah bening : diartikel sudah dijelaskan bg :33

    BalasHapus
  6. wah boleh dicobat tuh,,,
    makasih ya mbak untuk tips nya,,,

    BalasHapus
  7. @xamthone plus palangkaraya : Sama-sama :)

    @obat : Makasi

    BalasHapus
  8. makasih ya mbak untuk tipsnya,,,

    BalasHapus
  9. Thankyou yaa, masak aku baru tau ada blog sekece inii!! Ak cari2 di wikipedia tauuuuu, makasih banyak yaaa!! We love yaa, hahahaha, ni byk tau yg support.. Genk ko gal pimipinan kuu!! :*

    BalasHapus