Superwash Laundry Bisnis Franchise Waralaba Murah di Indonesia

Merias Ala Barbie Digemari Gadis Belia

Merias Ala Barbie Digemari Gadis Belia - Usai dengan style dari gaya korea seperti artis korea, muncul sesuatu yang baru yakni riasan ala barbie yang digemari gadis belia. Tutorial kecantikan dan fashion bukan hanya milik orang dewasa atau pakar di bidangnya. Kini, remaja yang kian akrab dengan internet juga berani mengeksplorasi diri dengan membuat tutorial make up ala Barbie dan kartun Jepang.

Tutorial riasan wajah ala Barbie atau tokoh kartun ini pun mencuri perhatian di dunia maya. Remaja perempuan Dakota Rose yang dikenal sebagai Kota Koti di dunia maya; Venus Palermo dikenal sebagai Venus Angelic dan Michelle Pan, berada di baliknya.



Dakota bahkan dikenal sebagai Barbie hidup, lantaran wajah dan dandanannya menyerupai tokoh boneka cantik yang gaya. Dakota mengupload tutorial bertajuk Kota Koti-Night Time Eye Make pada 26 Januari 2012 dan kini telah dikunjungi hampir 1,3 juta penikmat YouTube. Melalui video ini, Dakota mengaplikasikan riasan mata menonjolkan bentuk mata bulat besar bak tokoh kartun Jepang.

Video ini bukan satu-satunya karya Dakota. Ia juga mengunggah video lain seputar kecantikan seperti aplikasi tata rambut keriting dan lainnya. Mengenai keberadaan Dakota, tak ada informasi pasti tentangnya. Namun sejumlah situs menyebutkan, ia berasal dari daerah pesisir barat di Amerika Serikat.

Sementara, Venus Palermo adalah gadis berusia 15 yang juga memiliki hobi sama, memanfaatkan internet untuk mengaplikasikan riasan bak boneka. Venus pernah tinggal di Jepang, dan ia pun terinspirasi oleh animasi Jepang dalam menciptakan pencitraan diri. Dua tahun lalu, Venus kembali ke London, Inggris, dan kini ia punya 78 video di YouTube tentang tutorial make up dan merias kuku. Akun Facebook Page Venus kini memiliki 13.000 fans.

Venus mendapat dukungan dari ibunya yang mengatakan putrinya menganggap dandanan ala tokoh kartun Jepang merupakan sesuatu yang menarik dan dekoratif. Sementara Venus berpendapat, "Saya pikir saya tidak akan berhenti melakukannya. Saya memiliki gaya sendiri dan akan terus melakukan apa yang saya suka."

Obsesi penampilan ala boneka
Daily Mail menuliskan, penampilan ala boneka dan tokoh kartun menjadi tren di Asia. Pada 2010, perempuan Jepang yang mencari inspirasi penampilan ala boneka, feminin dan sensual, jumlahnya terus bertambah.

Kepada New York Times, Naoko Kamijyo mengungkapkan, "Bukannya saya tak percaya diri dengan kecantikan alami, tapi saya senang tampil menjadi sesuatu yang lain. Saya ingin mengubah diri sendiri menjadi sosok yang tak dikenali."

Untuk mewujudkan keinginannya, Naoko bersiap merias diri mulai pukul lima pagi, menghabiskan waktu dua jam untuk mengaplikasikan bulu mata palsu, hair extensions, memakai foundation dan berbagai aplikasi make up lainnya, untuk menciptakan penampilan ala boneka Barbie.

Polling di Taiwan belum lama ini menunjukkan, setengah dari 13.000 pelajar telah mengakses internet sebelum usia tujuh. Bahkan ada beberapa anak usia tiga sudah berselancar di dunia maya.Ada korelasi kuat antara kebiasaan mengakses dunia maya, termasuk jejaring sosial dengan ketertarikan seseorang terhadap penampilan dan citra diri.

Beda cara
Meski memiliki kemiripan gaya dan karakter penampilan, baik Dakota, Venus, dan Michelle memiliki cara berbeda dalam menunjukkan kreasinya di dunia maya. Tentunya, YouTube dan penggunaan bahasa Inggris menjadi andalan.

Bagi Dakota, ia lebih nyaman menampilkan kreasi make up ala boneka melalui tulisan yang menjelaskan setiap tahapan riasan. Tulisan muncul di gambar video yang menunjukkan setiap tahapan riasan kreasinya. Sementara Michelle, menampilkan tutorial make up secara mendetil dari tahap awal hingga tercipta gaya ala Barbie, dengan narasi. Ia juga menyisipkan beberapa tulisan di video untuk melengkapi narasinya. Anda bisa mendengar dengan jelas ucapannya saat memberikan turotial aplikasi make up. Serupa dengan Michelle, Venus mengandalkan narasi dalam tutorial make up.

Satu hal yang sama dari ketiganya, tutorial make up ala Barbie ini disajikan dengan latar musik yang membuat pemirsanya tak bosan mengikuti tahap demi tahap aplikasi make up.

Rupanya, tutorial ala gadis belia ini dinantikan pengguna internet dan penikmat YouTube. Surat kabar Bolivia melalui Opinion.com.bo melaporkan, ribuan gadis di seluruh dunia menunjukkan ketertarikannya dengan kreasi make up ala boneka Barbie ini. Para gadis muda ini juga ingin berpenampilan seperti yang dicontohkan Dakota, Venus, Michelle atau gadis lain yang memiliki hobi serupa.

Meski begitu, beberapa orang berkomentar lain yang menunjukkan kekhawatiran cara ini dapat membuka celah untuk mengeksploitasi seksualitas perempuan muda.

Berikut Cara Make Up Versi Barbie
:




Sumber : kompas.com

6 komentar:

  1. Barbie benaran itu ya?

    hahayyy

    BalasHapus
  2. Barbie jadi kenyataan pd hal mulanya hanya imajinasi

    xixixix

    BalasHapus
  3. Wah,,saya baca-baca aja mbak :).
    Salam Kenal :)

    BalasHapus
  4. Lama ga absen ketempat pacarku nih..hello mba intannnnnnnn pa kabarnya,kangennnnnnn euiyyyyy..hahahyyy..duhhh barbienya dismpan dulu ah buat persiapan kalo dah punya baby.

    BalasHapus
  5. @adie : cantik kan aku dong :p

    @cigo : iya dong :)


    @Zone : benar bgt :)

    @abed : salam kenal jg :)

    @icah : hihihi hada2 aja bang icah ni

    BalasHapus